Prosesi Nyadran Desa Betet Ngronggot Nganjuk Akan Segera Digelar, Warga: Kami Iuran Mandiri

NGANJUK (Pewarta88.com) – Persiapan prosesi nyadran Dusun Barik Desa Betet, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. akan segera digelar pada (20/07/2024) yang akan datang, dengan menyuguhkan pagelaran seni reog ponorogo.

Hasil yang dihimpun media pewarta88.com, di Desa Betet Ngronggot tampak keberadaan banner berukuran jumbo telah terpampang diakses jalan yang mudah diketahui para pengguna jalan umum, dalam pampangan banner tampak 3 wanita cantik yang siap menyuguhkan tari jatilan khas reog ponorogo.

Dalam banner bertulisan dengan jelas dengan karya tulis menuju Betet sejahtera, tradisi suroan Dusun Barik 2024, kirab budaya yang akan digelar pada 20 Juli 2024 di Dusun barik Desa Betet, Ngronggot Nganjuk.

Salah satu warga Dusun barik Desa Betet Ngronggot saat di temui media pewarta88.com menjelaskan, didusun kami tepatnya tanggal 20/7/2024 akan melaksanakan prosesi nyadran.

“Hiburan seni tari tradisional reog Ponorogo akan mewarnai dan memeriahkan acara yang biasa dikenal dengan sebutan bersih desa," ungkap warga, Sabtu (6/7/2024).

Lebih lanjut, warga juga menjelaskan bahwa dari tahun ke tahun hingga saat ini pelaksanaan prosesi nyadran Desa Betet di gelar dengan biaya atau iuran mandiri.

“Iuran dari warga dusun Barik dan semua di kumpulkan di tingkat RT selanjutnya di kumpulkan di masing masing RW,” sambungnya.

Masih dikatakan, setelah itu salah satu kordinator lapangan koordinasi dengan tokoh masyarakat guna mencarikan reog yang mana reog di tahun ini luar biasa, karena beberapa simpatisan sangat tergugah karena sudah bertahun tahun tidak ada gebrakan dan hal yang sekira meriah.

"Betul nanti kita akan datangkan reog 6 dan di iringi jatilan dari ponorogo asli serta bujang ganong juga di meriahkan 12 bopo cewek cantik yang di datangkan dari kediri , hal ini semata mata hanya untuk uri uri budaya jawi juga menuju masa depan Desa yang lebih Baik dengan tema " Menuju Betet Sejahtera," pungkasnya warga.(nyoto)