Gowes Surabaya-Mojokerto Meriahkan HUT ke 79 Kemerdekaan RI

Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur bersama Pemerintah Kota Mojokerto mengadakan GOWES Kemerdekaan Suroboyo-Mojokerto bersama Kapolda Jawa Timur, Sabtu (24/8/2024) pagi.

MOJOKERTO (Pewarta88.com) - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur bersama Pemerintah Kota Mojokerto mengadakan GOWES Kemerdekaan Suroboyo-Mojokerto bersama Kapolda Jawa Timur, Sabtu (24/8/2024) pagi.

Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono melepas 250 peserta Road Bike II Gowes Kemerdekaan dalam rangka Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 79 di Halaman Gedung Negara Grahadi.

Dimulai dari Halaman Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo No. 7 Surabaya, acara Road Bike II ini finish di Balai Kota Mojokerto Jalan Gajah Mada No. 145.

Saat melepas para peserta, Pj Gubernur Adhy menyebut bahwa kegiatan gowes kemerdekaan dari Surabaya menuju Mojokerto adalah napak tilas pejuang kemerdekaan.

“Gowes kemerdekaan ini pada dasarnya napak tilas dari Surabaya ke Mojokerto untuk mengingat perjuangan para pejuang kemerdekaan,” ujar Pj Gubernur.

Tidak hanya itu, Adhy menambahkan, gowes ini juga dilakukan dalam rangka menyemarakkan kemerdekaan RI melalui olahraga.

“Karena tajuknya adalah gowes kemerdekaan, maka kami sangat mendukung gowes kali ini dalam rangka memperingati kemerdekaaan RI ke 79,” ujar Adhy.

Tentunya dengan semangat kemerdekaan, kita dukung masyarakat melalui olahraga gowes. Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menyambut dengan baik apa yang di gagas Provinsi Jawa Timur.

Pemkot Mojokerto terus meningkatkan praktek olahraga  masyarakat. Pasalnya menciptakan perubahan pada masyarakat yang belum atau kurang mempunyai kebiasaan berolahraga tidak mudah.

Pj Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro bersama pejabat teras Pemkot Mojokerto menyambut kedatangan ratusan 250 peserta Road Bike II Gowes Kemerdekaan dalam rangka Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 79.

"Hari ini kita memperingati HUT ke-79 RI. Disamping itu, ini bagian dari upaya kami Pemkot Mojokerto dan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur mengadakan GOWES Kemerdekaan Suroboyo-Mojokerto alkhamdulillah berjalan dengan baik, selamat datang di Bumi Majapahit,” ungkap Mas Pj, sapaan akrab Ali Kuncoro.

Dikatakan Ali Kuncoro, dirinya juga mengapresiasi panitia pelaksana yang memilih Kota Mojokerto sebagai tempat penyelenggaraan Gowes Kemerdekaan. Apalagi, gowes merupakan salah satu olahraga idola masyarakat di Mojokerto.

"Terima kasih banyak telah menunjuk Kota Mojokerto sebagai tempat pelaksanaan Gowes Kemerdekaan. Tadi start dari gedung negara Grahadi dan finish di balai Kota Mojokerto," pungkas Mas Pj panggilan akrabnya.

Perlu di informasikan, Peserta gowes berangkat dari garis start di Grahadi Surabaya pukul 06.00 WIB, menuju Kota Mojokerto dengan estimasi menempuh jarak sekitar 47 kilometer. Ratusan peserta mengenakan pakaian merah putih, bertuliskan Nusantara Baru Indonesia Maju 79, sebagai simbol Kemerdekaan RI.

Dalam rute Gowes Kemerdekaan Surabaya- Mojokerto yakni, Start Grahadi, menuju jalan Pemuda, Jl Ayani, Bundaran Waru belok kanan, Jl Raya Geluran > Jl Raya Taman, Jl Raya Kletek.

Selanjutnya menuju Jl Raya Trosobo > Jl Raya By Pass Krian > *Water Station* SPBU 31 54.612.31 By Pass Krian, Jl Raya Balong Bendo > Jl Raya Surabaya-Mojokerto > Jl Empunala Mojokerto > Jl Gajah Mada Mojokerto > dan Finish Balai Kota Mojokerto.

Lebih menariknya, ratusan peserta Gowes Kemerdekaan juga dimeriahkan jejeran UMKM alas kaki dan stand kuliner yang menyuguhkan jajanan khas tradisional, hingga angkringan di Balai Kota Mojokerto. Serta Para goweser juga mendapat doorprize dengan hadiah utama berupa satu unit sepeda motor Yamaha.(adv-kom/dak)